Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Wisata Alam Hutan Punti Kayu: Wisata Seru nan Menyehatkan di Jantung Kota Palembang

Special Wisata Kota Palembang. Hutan merupakan paru-paru dunia. Semua orang tahu itu. Hutan terletak di pinggiran atau bahkan pelosok, itu sudah biasa. Lain dari pada yang lain, inilah wisata alam hutan Punti Kayu yang menjanjikan wisata sehat, menyegarkan dan indah di tengah kota Palembang. Mungkin kesannya aneh, tapi ini nyata. Faktanya Taman Wisata Alam Punti Kayu telah ada sejak lama. Hutan yang didominasi oleh pohon pinus ini memiliki luas 12 hektar.


Taman Wisata Alam Hutan Punti Kayu ini memegang peranan sangat penting untuk kota Palembang. Selain dijadikan sebagai paru-paru kota, hutan ini juga dijadikan sebagai tempat untuk berbagai tujuan, seperti berwisata dan berekreasi, melakukan penelitian, pendidikan, konservasi. Hingga kegiatan kebudayaan. Di hutan ini hidup beragam jenis flora dan fauna. Tidak heran jika banyak siswa ataupun mahasiswa datang kemari untuk melakukan pembelajaran hingga penelitian.

Baca juga: Inilah 5 Daftar Tempat Wisata Terbaru di Palembang Wajib Anda Kunjungi

Faktanya di Taman Wisata Alam Punti Kayu ini meskipun didominasi oleh hutan pinus, namun juga ditemukan beragam jenis flora, diantaranya yaitu;
  1. Albasia
  2. Ampupu
  3. Akasia
  4. Mahoni
  5. Pulai
  6. Sengon
  7. Jarak
  8. Bungur
  9. Kayu talok
  10. Keruing dan lain sebagainya.

Sementara untuk jenis fauna yang mendiami hutan yang terletak di dekat pusat kota Palembang ini diantaranya adalah;
  1. Kera ekor panjang
  2. Beruk
  3. Ular phiton
  4. Bajing tanah dan aneka macam burung

Jika hanya akan menikmati aneka flora dan fauna, rasanya kita bisa berkunjung ke hutan mana saja. Apalagi di Sumatera yang notabennya merupakan kawasan hutan. Selain flora dan fauna, di Taman Wisata Hutan Punti Kayu juga terdapat berbagai macam fasilitas dan wahana yang asyik, seperti;
  1. Jembatan gantung
  2. Perahu bebek
  3. Perahu naga
  4. Kebun binatang
  5. Outbond training, lengkap dengan kanopi bridge
  6. Flying fog
Wisata Alam Hutan Punti Kayu: Wisata Seru nan Menyehatkan di Jantung Kota Palembang
Wisata Alam Hutan Punti Kayu di Palembang Alam Banget

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Hutan Punti Kayu

Tarif tiket masuk ke Wisata Alam Hutan Punti Kayu terbagi menjadi beberapa kriteria, yaitu;
  1. Anak-anak (Rp 4.000)
  2. Dewasa ( Rp 7.000)
Sementara untuk tiket parkir, yaitu;
  1. Kendaraan roda dua (Rp 2.000)
  2. Kendaraan roda empat (Rp 4.000)
Di kawasan wisata alam Hutan Punti Kayu terdapat sebuah kebun binatang. Untuk bisa masuk ke sana, Anda perlu menebus tiket Rp 5.000. Di dalam kebun binatang tersebut terdapat beragam satwa. Jika Anda berminat untuk menaiki kuda atau gajah, Anda perlu merogoh kocek Rp 5.000 sampai Rp 15.000. Salah satu spot terbaik untuk berswafoto adalah di jembatan gantung. Untuk dapat menikmati fasilitas ini, Anda perlu membayar tiket masuk ke area tersebut sebesar Rp 10.000. Selain dapat berfoto di jembatan gantung, dengan tiket tersebut, Anda bisa bermain di bebek-bebekan.

Rute Lokasi Wisata Alam Hutan Punti Kayu Palembang

Taman Wisata Alam Hutan Punti Kayu adalah tempat wisata alam yang terletak di pusat kota Palembang. Oleh sebab itu, untuk menjangkau objek wisata ini pun tidak sulit. Dari pusat kota Palembang, tepatnya di Masjid Agung Palembang, rute yang harus Anda ambil adalah jalan Jenderal Sudirman. Tepatnya pada KM 7, Anda sudah sampai ke tempat wisata alam ini.

Sementara jika Anda menggunakan kendaraan umum, dari Masjid Agung, naiklah angkutan umum jurusan Talang Betutu. Saat naik angkutan umum tersebut, hendaklah Anda minta kepada pak sopir untuk minta diturunkan di depan Punti Kayu. Harga angkutan umum tersebut untuk sekali jalan adalah Rp 4.000. Selain angkutan umum tersebut, ada satu lagi alternative cara menuju ke Wisata Alam Hutan Punti Kayu yaitu dengan naik Trans Musi. Jika menggunakan angkutan umum Trans Musi, Anda akan berhenti di halte Punti Kayu.

Dari informasi dan daftar harga tiket masuk tersebut, jelas jika Wisata Alam Hutan Punti Kayu termasuk salah satu wisata murah yang seru di Palembang. Tidak perlu menunggu punya uang banyak untuk bisa menikmati udara sejuk, segar dengan pesona hutan yang sarat dengan aneka flora dan fauna ini.

Post a Comment for "Wisata Alam Hutan Punti Kayu: Wisata Seru nan Menyehatkan di Jantung Kota Palembang"