Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Inilah 5 Daftar Wisata Terpopuler di Purwokerto Sayang Untuk Dilewatkan

Special Wisata Kota Purwokerto. Purwokerto masuk dalam urutan teratas daftar kota di Jawa Tengah yang popular dan sering dikunjungi. Meskipun pamornya masih di bawah Solo dan Semarang, namun Purwokerto tetap memiliki pesona yang mampu menarik orang untuk singgah ke sini. Selain karena memiliki beberapa kuliner yang nikmat, Purwokerto juga memiliki beragam tempat wisata. 5 daftar wisata terpopuler di Purwokerto ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata selanjutnya.


5 Daftar Wisata Terpopuler di Purwokerto Wajib Dikunjungi

1. Baturaden

Wisata alam adalah wisata yang paling terkenal di Purwokerto. Di sini terdapat banyak tempat-tempat wisata bertema alam yang bisa dinikmati. Namun jika bicara tentang wisata alam paling popular di Purwokerto, maka Baturaden adalah wajib disebutkan, bahkan wajib masuk ke dalam daftar paling atas. Kenapa? Karena Baturaden merupakan ikon ibu kota dari Kabupaten Banyumas. Kalau sudah menjadi ikon, maka jelas tempat tersebut pasti menyimpan pesona yang luar biasa. 

Inilah 5 Daftar Wisata Terpopuler di Purwokerto Sayang Untuk Dilewatkan


Benar saja, di objek wisata ini tersedia beragam wahana seru yang bisa Anda nikmati, dari mulai kolam renang hingga pemandian air panas. Kawasannya yang berada di kaki Gunung Slamet, menjadikan Baturaden sebagai destinasi wisata terbaik di Purwokerto yang asri dan bebas polusi. Spot ini sangat cocok untuk Anda yang mencari tempat berlibur untuk menenangkan pikiran dan butuh ketenangan.

Baca juga: Inilah Baturaden, Ikon Wisata Paling Terkenal di Purwokerto

2. Pemandian Kalibacin

Mandi bisa menjadi salah satu cara untuk me-refresh pikiran. Itulah mengapa banyak orang yang suka berenang, berendam atau sekedar mandi di tempat pemandian. Apalagi jika mandi di Pemandian Kalibacin, di sini Anda tidak hanya akan mendapatkan manfaat mandi biasa, tapi juga bisa menjadi sarana pengobatan. Hal ini dikarenakan pemandian yang terletak di Desa Tambaknegara, Kecamatan Rawalo, Banyumas mengandung belerang yang cukup tinggi. Kandungan tersebutlah yang diyakini dapat mengobati berbagai macam penyakit. 

Selain melakukan aktivitas mandi di air dingin atau air biasa, di Pemandian Kalibacin Anda juga bisa menjelajah kawasan Kota Lama Banyumas dengan cara berperahu di Sungai Serayu. Bagi Anda yang ingin menginap, di kawasan ini juga terdapat penginapan yang disewakan. Jadi, Pemandian Kalibacin termasuk wisata alam di Purwokerto yang telah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Harga tiketnya pun murah, hanya Rp 8.000 per orang.

Baca juga: Pemandian Kalibacin Purwokerto: Wisata Seru Sekaligus Menyehatkan

3. Curug Cipendok

Masih tentang wisata alam paling terkenal di Purwokerto. Daftar ketiga dihuni oleh Curug Cipendok. Curug atau air terjun yang terletak di Desa Karangtengah, Cilongok, Banyumas ini memiliki pesona alam yang sungguh indah. Letaknya yang beada di dataran tinggi, membuat curug ini diberkahi suasana alam pegunungan yang masih asri, tenang dan sejuk. Meskipun berada di dataran tinggi, namun akses untuk sampai ke Curug Cipendok sudah cukup bagus. 

Setelah sampai ke tempat wisata ini, Anda bisa merasakan nuansa alam pegunungan yang asri, lengkap dengan pemandangan curug dengan ketinggian 100 meter yang cantik.  Tidak hanya menikmati pemandangan alam dan curugnya saja, Anda pun bisa langsung terjun ke genangan air yang berada tepat di bawah air terjun. Aktivitas ini sangat menarik dilakukan, terutama bagi Anda yang mengaku penyuka wisata alam.

Baca juga: Curug Cipendok: Curug Paling Cantik dan Terpopuler di Purwokerto

4. Goa Sarabadak

Berwisata alam terasa kurang lengkap tanpa menjelajah ke goa. Wisata alam goa paling terkenal di Purwokerto adalah Goa Sarabadak. Tidak hanya menikmati dan menjelajah ke dalam goa saja, namun di salah satu tempat wisata yang paling sering dikunjungi di Purwokerto ini, Anda juga bisa menikmati siraman air panas dan air dingin sekaligus. Uniknya lagi, Kedua jenis air tersebut mengucur dari bebatuan yang berwarna keemasan. Bebatuan inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari goa yang terletak di Desa Kemutuk Tor, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas ini. 

Jika Anda ingin menyaksikan uniknya pancuran dan bebatuan ini, sekaligus menjelajah goa, caranya sangat mudah. Kawasan ini sangat dekat dengan tempat wisata terpopuler di Purwokerto lainnya, seperti Baturaden dan Pancuran Pitu.

Baca juga: Goa Sarabadak: Goa Unik Wajib Dikunjungi di Purwokerto

5. Wisata Kuliner Jalan Prof. Dr. Suharso

Liburan terasa kurang sempurna tanpa mencicipi kuliner, betul? Di Purwokerto terdapat satu tempat terbaik yang menyediakan beragam kuliner kebanggaan warga Purwokerto. Bagi Anda yang setelah seharian berwisata di kota yang termasuk berada di ujung kulon Jawa Tengah ini, jangan lewatkan untuk mampir ke Jalan Prof. Dr. Suharso. Kawasan tersebut merupakan kawasan wisata paling favorit untuk menikmati kuliner khas dari Purwokerto. Di sini Anda bisa mencicipi mendoan asli Purwokerto. Juga bisa memborong oleh-oleh, seperti getuk goreng.
Dari 5 daftar wisata terpopuler di Purwokerto tersebut membuktikan bahwa ibu kota Kabupaten Banyumas ini memang jagonya dalam menyajikan wisata alam. Meskipun demikian, ada satu tempat yang wajib Anda tuju manakala ingin menikmati kuliner khas ataupun memborong oleh-oleh khas dari Purwokerto. Tempat tersebut adalah kawasan Jalan Prof. Dr. Suharso. Setelah puas jalan-jalan ke tempat-tempat wisata alam, saatnya kuliner dan membawa pulang oleh-oleh. Seperti itulah liburan yang sesungguhnya.

Post a Comment for "Inilah 5 Daftar Wisata Terpopuler di Purwokerto Sayang Untuk Dilewatkan"