Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Wisata Asyik ke Taman Nasional Way Kambas Lampung

Special Wisata Kota Lampung. Taman Nasional Way Kambas terletak di Provinsi Lampung, tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia. Way Kambas adalah tempat pusat latihan gajah-gajah Sumatera yang pertama kali ada di Indonesia. Karena itu, tempat ini sangat terkenal. Banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi tempat wisata Way Kambas untuk melihat pertunjukan gajah. Selain dapat melihat gajah melakukan pertunjukan, para wisatawan pun dapat menunggang gajah di Way Kambas National Park Lampung dengan didampingi sang pelatih. Sangat menyenangkan bukan?


Tidak hanya Gajah Lampung Way Kambas saja yang menjadi icon di Taman Nasional ini lho. Tetapi, ada juga Rhino Sumatra alias badak Sumatra. Badak liar Sumatra hanya dikembangbiakkan di Way Kambas.

Informasi Seputar Taman Nasional Way Kambas Lampung

Anda pasti sudah mengetahui bahwa Way Kambas Lampung merupakan tempat penangkaran hewan, khususnya gajah dan badak. Namun banyak juga flora dan fauna lain di Way Kambas. Berikut beberapa informasi tentang Way Kambas.

Wisata Asyik ke Taman Nasional Way Kambas
Keseruan Gajah di Taman Nasional Way Kambas

1. Flora dan Fauna Taman Nasional Way Kambas Lampung

Menilik tentang sejarah Taman Nasional Way Kambas, gajah merupakan fauna prioritas untuk di dilindungi. Namun, sekarang, terdapat beberapa species, baik Flora maupun Fauna yang ‘menghuni’ Way Kambas. Anda bisa melihat Fauna meliputi tapir, harimau Sumatra, bangau Tong-Tong, Siamang, dan Flora meliputi Meranti, Puspa, Ramin, dan lain sebagainya.

2. Sumatera Rhino Sanctuary (SRS)

Selain melihat pertunjukan gajah, Anda bisa mendapatkan pengalaman kunjungan wisata alam di SRS. SRS dibuat sebagai sarana pendidikan bagi masyarakat umum untuk memastikan keberadaan spesies badak. Well, saat touring SRS, Anda dapat mengajak anak Anda untuk mengenalkan betapa pentingnya penangkaran untuk mengembangbiakkan hewan langka.

3. Harga tiket masuk Taman Nasional Way Kambas Lampung

Harga tiket masuk Taman Nasional Way Kambas tidaklah mahal. Untuk masuk ke konservasi gajah, Anda akan dikenakan biaya sekitar 20.000 per-orang. Apabila Anda ingin pergi ke Way Kanan Resort, Anda harus membayar SIMAKSI seharga 30.000 per-orang. Perlu Anda ketahui, harga mungkin bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca juga: Inilah Daftar 5 Tempat Wisata Menarik di Lampung Wajib Anda Dikunjungi

4. Jalan alternatif Taman Nasional Way Kambas Lampung

Jika Anda ingin mengunjungi Way Kambas tetapi tidak memiliki biaya yang cukup, Anda bisa ke lokasi melewati jalan alternative. Anda dapat melalui Desa Labuhan Ratu Enam atau Desa Pancasila. Dari Bandar Lampung, Anda bisa berjalan sekitar 1 KM dari pintu masuk Desa Rajabasa atau Gerbang Taman Nasional Way Kambas. Di sana, Anda akan menemukan pasar. Dari pasar, Anda tinggal maju sekitar 50 meter. Lalu, jika Anda melihat Plang Pondok Pesantren Gontor 9, beloklah kiri lalu lurus terus hingga menemukan hutan. Setelah itu, beloklah kanan dan maju terus hingga bertemu plang hijau. 50 meter dari plang hijau, Anda bisa sampai ke tempat konservasi gajah secara gratis.

Taman Nasional Way Kambas sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata Anda berlibur bersama keluarga. Selain menikmati wisata alam yang indah, tempat wisata ini cocok dijadikan sebagai wisata edukasi untuk mengenal flora dan fauna khususnya gajah Sumatera.